Mengenal Virus Pada PC/ Laptop

Tidak ada kerjaan di sekolah, terus mampir ke perpustakaan untuk pertama kalinya. Ternyata ada manfaatnya. Saya menemukan buku yang membahas soal Virus. Judul bukunya BEBAS VIRUS SELAMANYA penerbit PT. Elex Media Komputindo

aku virus

Nah, untuk kali ini, saya akan mebagikan info soal virus pada Pc/Laptop, ternyata tidak semuanya namanya virus.

Berikut definisinya :

  1. Virus adalah sebuah program atau software yang dapat menggandakan dirinya secara berulang – ulang, menempel disebuah file/program dengan penyebaran yang sangat luas. Virus dikatakan berbahaya karena dapat memperlambat sistem operasi. Menghapus file, mengubah file serta memaksa sistem bekerja overload.
  2. Worm adalah subkategori dari virus. Yaitu sebuah program yang dapat mengirimkan dirinya sendiri ke Komputer lain hingga komputer tersebut ikut terserang. Dan biasanya dikirim melalui email.
  3. Spyware adalah sebuah paket software yang mencari dan merekam aktivitas pengguna komputer dan mengirimkan info tersebut ke pihak lain.  Biasanya yang berhubungan dengan password, kode kunci, kode pin, nomer kartu kredit, dan hal – hal yang bersifat rahasia lainnya.
  4. Malware adalah istilah – istilah dari virus, worm, trojan horse, spyware, dan gangguan lainnya.
  5. Trojan Horse adalah program yang sangat berbahaya. Karena bisa menyamar menjadi program baik. Trojan Horse tidak dianggap virus karena tidak dapat menggandakan diri. Tapi dapat merusak sistem komputer dengan sembunyi – sembunyi.
  6. Keylogger adalah salah satu program yang berbahaya yang mencatat penekanan keyboard pada PC/Laptop. Karena dapat mengetahui data – data rahasia seperti password dan lain – lain.
  7. Hoak adalah Program yang menempel pada email anda. Dan dapat memberikan peringatan palsu agar anda takut dan menuruti perintahnya untuk meng-klik sesuatu yang berhubungan dengan virus.
  8. Rootkit adalah program yang dapat menyembunyikan file. Dikatakan berbahaya karena Rootkit dapat menginstal dirinya sendiri secara sembunyi – sembunyi.
  9. Dialer adalah program yang dapat menghubungkan komputer dengan internet. Guna mengirim informasi yang di dapat malware pada komputer kita untuk diberikan pada pihak ke tiga.

Nah, jadi berhati – hatilah pada 9 Hal yang ada diatas.

Macam - macam antivirus

Hari gini belum punya ANTIVIRUS, yah… ketinggalan jaman.

One comment on “Mengenal Virus Pada PC/ Laptop

  1. Virus sangat cepat menyebar..
    Ada virus berat dan virus ringan utk di bersihkan dengan anti virus..

    Tidak semua virus bisa dibersihkan dengan Anti virus… Karena semakin pintar virus sekarang………

    Virus…….oh…..virus…..
    Gak ada kamu softwareku gak bakal mampus.

Berkomentarlah yang Baik dan Benar ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s