Rencana China selamatkan bumi dari Apophis tahun 2036

Asteroid Apophis akan menabrak bumi? Akankah bencana ini menjadi akhir dari peradaban manusia?. Sebagian orang mungkin akan berkata “mungkin”, tapi lain lagi dengan para ilmuwan China. Karena ilmuwan China kini tengah merancang rencana menyelamatkan bumi dari hantaman asteroid tahun 2036.

Sekelompok ahli astronomi China yang dipimpin Shengping Gong dari Universitas Tsinghua, Beijing, menyiapkan rencana untuk menghindari hantaman asteroid Apophis pada bumi. Tabrakan ini diperkirakan akan terjadi pada 2036.

Ilmuwan lain mengatakan, kemungkinan kecil peristiwa tabrakan ini tidak akan terjadi karena asteroid tersebut akan tergerus menjadi serpihan. Walau begitu, diberitakan The Hindu, Gong tetap berrencana membuat dan memasang sebuah pesawat luar angkasa untuk mengubah haluan gerak asteroid itu.

Pesawat ini akan berkecepatan 90 km/detik, yang jika berhasil diciptakan, akan mampu mencegah Apophis kembali ke bumi.

Walau idenya bagus, tapi kemungkinan besar akan sulit terrealisasi karena bisa jadi pesawat ini malah akan rusak akibat terkena badai matahari.

Ilmuwan memperkirakan asteroid Apophis berdiameter 270 meter ini, akan berada pada posisi 37.000—38.000 km dari bumi pada 2029. Asteroid berbobot 46 juta ton itu diperkirakan dapat menghancurkan satu negara di Eropa. Peristiwa tabrakannya diprediksi terjadi pada 13 April 2036.

Sumber

One comment on “Rencana China selamatkan bumi dari Apophis tahun 2036

  1. good luck!, I can not imagine if that fails may god bless this plan and support this plan! I was only 11 year olds but I understand if this does not work would all be destroyed! :” ((
    Hopefully successfully, spirit!

Berkomentarlah yang Baik dan Benar ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s